Senin, 13 Maret 2023

Dakwah di Era Digital

Saat ini kita telah masuk ke era di mana semua manusia terhubung satu sama lain. Tak ada lagi sekat-sekat bernama status sosial, kebangsaan, negara, bahkan usia dan jabatan.

Seorang warga negara biasa bisa dengan mudah "mencolek" kepala negara lewat media sosialnya. Begitu juga seorang murid bisa ngobrol dengan guru atau kepala sekolahnya juga lewat media sosial. 

Orang kampung bisa berselancar ke kota metropolitan dan menyapa orang-orang yang tinggal di sana. Inilah suatu era di mana sekat-sekat yang dulu membatasi tiba-tiba luruh.

Era digital memaksa kita mengubah semua aspek yang berhubungan dengan komunikasi. Cara-cara lama perlahan-lahan harus ditinggalkan, dan  harus segera menyesuaikan diri dengan cara-cara baru. Jika tidak, kita akan ketinggalan, bahkan ditinggalkan. Termasuk cara kita berdakwah.

Lantas, apa saja yang perlu kita pahami terkait dakwah di era digital ini? Berikut adalah mind map yang mudah-mudahan bisa membantu:



Catatan:

Artikel dan mindmap ini dibuat sebagai materi pada beberapa pelatihan, antara lain:

1. Workshop Dai Tangguh Pedalaman yang digelar oleh Baitul Maal Hidayatullah bertema "Memberi Makna Untuk Indonesia” pada Selasa, 14 Maret 2023, di Depok, Jawa Barat. 

2. Workshop Jurnalistik DPW Hidayatullah Jawa Tengah pada 15 dan 16 Juli 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat