Kamis, 03 Maret 2016

10-12 Pimpinan Negara Akan Hadiri KTT OKI

Hingga beberapa hari menjelang digelarnya KTT OKI tanggal 6-7 Maret mendatang, sebanyak 10 hingga 12 pimpinan negara OKI dipastikan hadir di Jakarta.

Namun, Dirjen Multilateral Kementrian Luar Negeri, Hasan Kleib, dalam pertemuan dengan awak media pada Kamis siang (3/3), belum bisa menyebut dari negara mana saja mereka.

"Mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan dari mana saja. Sebab, ini terus mengalir. Boleh jadi akan bertambah," katanya di hadapan puluhan wartawan di kantor Kementrian Kominfo, Jakarta Pusat.

Selain itu, dipastikan hadir pula sekitar 20-an peserta setingkat menteri, ditambah puluhan peserta lainnya. Secara keseluruhan, kata Hasan, akan hadir utusan dari 47 negara dari total 56 negara OKI.

Di samping negara-negara anggota OKI, juga turut hadir utusan dari 5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB, serta beberapa utusan peninjau. 

Adapun jumlah jurnalis yang akan meliput konferensi tersebut, menurut Kepala Humas Kementrian Kominfo, Ismail Cawidu, diperkirakan lebih dari 500 jurnalis dari dalam dan luar negeri. 

"Uniknya, jurnalis dari negara Timur Tengah sangat sedikit," jelas Cawidu.

KTT ini, kata Hasan, merupakan KTT Luar Biasa. Artinya, ada hal spesifik yang akan dibahas, yakni masalah Al Quds Al-Sharif dan Palestina. "Jadi, tidak semua hal di bahas di konferensi sekarang ini," kata Hasan.

Adapun konferensi reguler, yang biasanya digelar setiap tiga tahun sekali, akan dilaksanakan bulan April mendatang di Istambul Turki. ***

(Dimuat oleh situs Hidayatullah.com pada 3 Maret 2016)