Kamis, 23 April 2015

Menolong di Dunia, Ditolong di Akhirat

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa barang siapa meringankan salah satu kesusahan seorang Muslim di dunia, maka Allah SWT akan meringankan salah satu kesusahannya di hari kiamat kelak.

Tak sekadar itu! Rasulullah SAW menambahkan, barang siapa membantu melepaskan kesulitan saudaranya di dunia, maka Allah SWT juga akan melepaskan satu kesulitan orang tersebut di hari kiamat kelak.

Bahkan, kata Rasulullah SAW lagi, barangsia menyembunyikan aib seorang Muslim, maka Allah SWT akan menyembunyikan aibnya di dunia dan di akhirat kelak. "Allah menolong seorang hamba selagi hamba itu menolong saudaranya," kata Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim.

Betapa luar biasa janji Allah SWT ini. Bila kita membayangkan betapa gaduhnya hari kiamat kelak, rasanya tak mungkin kita tak berharap bantuan dari Allah SWT. Amat wajar bila kaum Muslim tergiur dengan janji Allah SWT tersebut.

Namun fakta yang kita lihat di sekeliling kita justru berbeda. Betapa banyak kaum Muslim yang cuek dengan saudaranya sendiri. Mereka tak bergegas menyambut seruan Rasulullah SAW ini. Mengapa? Salah satu penyebabnya, karena iman belum betul-betul tertanam pada hati mereka.

Ayo sempurnakan iman kita! Tanam dan pupuk rasa cinta kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, serta takutlah pada kegaduhan Hari Kiamat dan siksa neraka. Niscaya kita akan selamat di dunia dan akhirat.



(Dipublikasikan di Majalah Suara Hidayatullah edisi April 2015)