Jumat, 18 Maret 2011

Tugas Mukmin Membimbing Umat

Rasanya akal kita sulit menerima kenyataan bahwa ada diktator yang tega membungkam suara protes mayoritas warganya dengan berondongan peluru setelah berkuasa puluhan tahun.
Rasanya naluri kita sulit menerima fakta bahwa ada tokoh yang saling membuka aib satu sama lain dengan tujuan saling menjatuhkan, ada kelompok yang suka meneror kelompok lain, ada suami yang tega mencelakai istri dan anaknya sendiri.
Namun, fakta-fakta itu ada di sekitar kita, ada juga di belahan dunia yang jauh dari kita. Rupanya banyak di antara kita telah membuang jauh fitrah kemanusiaan yang sejak awal kita milki, yaitu fitrah membimbing orang lain.
Kita harus mengembalikan fitrah itu. Apalagi bagi seorang mukmin. Dorongan untuk membimbing bukan hanya sekadar fitah, namun tugas yang harus ia emban sebagaimana Allah Ta’ala telah menugaskan kepada para Nabi dan Rasul-Nya untuk membimbing umat.
Jangan biarkan fitrah membimbing pada diri kita hilang tanpa kita sadari, barganti dengan dorongan untuk menzalimi diri sendiri dan orang lain. Nau'zubillah minzalik!

Dipublikasikan di Majalah Suara Hidayatullah edisi April 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat