Senin, 12 September 2022

Prof. Nurul Taufiqu Rochman: Nano Teknologi Untuk Perikanan

Tahukah Anda apa itu nanoteknologi? Jika Anda rajin membuka-buka youtube dan mengetikkan kata kunci "nanoteknologi" maka Anda akan dibawa terbang ke negeri khayalan. 

Bincang-bincang dengan Prof Nurul (tengah)

Anda akan diperkenalkan dengan kostum Iron Man yang bisa mengubah manusia menjadi robot dengan kekuatan sangat dahsyat, atau diajak berimajinasi menjadi cicak yang bisa berjalan dengan mudah di tembok.

Semua fenomena tersebut sebetulnya bisa dijelaskan dengan pendekatan nanoteknologi. Inilah teknologi masa depan yang akan mengubah kehidupan manusia dalam banyak hal.  

Di Indonesia, orang yang disebut-sebut sebagai ahli nanoteknologi adalah Prof Nurul Taufiqu Rochman. Lulusan Teknik Material dan Proses Produksi Kagoshima University, Jepang, ini diberi amanah sebagai Ketua Dewan Pembina Masyarakat Nano Indonesia.  Ia juga pernah menjabat Direktur Pusat Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pada  Rabu, 3 Agustus 2022, beberapa pengusat DPP Hidayatullah bersilaturahim dengan Prof Nurul di kantornya, di Kompleks Puspitek, Serpong, Tangerang, Banten, didampingi Direktur Produksi Natural Nusanata (Nasa), Fahmi Rosyadi. 

Dalam bincang-bincang santai tersebut, Nurul memperkenalkan penerapan nanoteknologi untuk pertanian dan perikanan. Salah satunya, peningkatan kualitas oksigen di perairan tambak udang, serta peningkatan hasil panen untuk tambak di wilayah pegunungan sehingga bisa panen 3 kali dalam setahun.  

Nurul berharap kelak ia bisa menerapkan nanoteknologi ini di lahan pertanian milik pesantren Hidayatullah yang tersebar di seluruh Indonesia. Apalagi, kata Nurul, pesantren kerap menjadi contoh bagi masyarakat. Memperkenalkan nanoteknologi kepada masyarakat lewat pesantren akan jauh lebih mudah. Semoga. *** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat