Senin, 14 Februari 2022

Selamat Jalan Ust Hasan Ibrahim

"Coba pakai jam tangan ini," kata Ust Hasan Ibrahim, pendiri Hidayatullah, pada suatu siang kepada saya. 


Saya sorongkan jam tangan indah berwarna kuning keemasan tersebut ke pergelangan tangan kiri. Saya memang terbiasa mengenakan jam di tangan kiri. Namun, Ust Hasan Ibrahim mencegahnya. "Jangan di tangan kiri. Coba pakai di tangan kanan."

Saya sorongkan lagi jam tersebut ke pergelangan tangan kanan. Agak lama Ust Hasan memperhatikan. Kemudian beliau berkata, "Sudah cocok. Jangan dilepas lagi."

Saya kaget. "Ini untuk saya ust?"

"Ya," jawab beliau sambil tersenyum.

Maka, jam yang selama ini tergelang di tangan beliau, hari itu telah tergelang di tangan saya. 

Usia Ust Hasan Ibrahim memang sudah sepuh. Namun, semangat beliau seolah tak ingin ikut menua. Setiap Selasa, beliau selalu datang ke kantor Pusat Dakwah Hidayatullah meski harus dipapah. Setiap kali datang, saya selalu diminta menemani beliau untuk sekadar mengobrol. 

Biasanya, saya mencoba bernostalgia dengan bertanya tentang masa lalu beliau. Masa ketika beliau diajak oleh Allahuyarham Ust Abdullah Said, juga sang pendiri Hidayatullah, untuk bersama-sama membangun Pesantren Hidayatullah di Kalimantan Timur.

"Saya beruntung dulu bertemu dengan almarhum (Ust Abdullah Said)," kata beliau dalam suatu kesempatan. 

Saat bercerita, beberapa kali saya perhatikan beliau termenung. Kadang beliau terdiam lama sekali. "Saya mau pulang," kata beliau setelah lama terdiam. Saya lalu memapah beliau ke mobilnya.

Di penghujung 2021, beliau jatuh sakit. Menurut putranya, sakit yang diderita beliau membuat ingatan beliau banyak yang hilang. Para tamu yang membesuk beliau hampir tak lagi diingat oleh beliau.

Saat saya membesuk beliau di kediamannya, saya menduga beliau juga tak akan ingat saya lagi. Namun, tangan saya dipegang lama sekali oleh beliau. Saya lihat, beliau menangis. Saya juga tak kuasa membendung air mata. Itulah pertemuan kami yang terakhir.

Hari ini saya mendengar beliau telah dipanggil pulang oleh Allah Ta'ala.  Saya kembali menatap jam tangan yang pernah beliau berikan ke saya. Jarumnya terus berputar, detaknya seirama detak jantung saya, sementara detak jantung pemiliknya dahulu kini telah berhenti. 

Selamat jalan ustadz. Semoga Allah Ta'ala memberikan kekuatan kepada kami untuk meneruskan perjuanganmu. ***

Kuburan Ust Hasan Ibrahim di Depok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat