Senin, 14 Februari 2022

Doa Untuk Orang yang Sakit

Saat wabah datang, kita akan sering menerima kabar adanya teman, saudara, rekan kerja, sahabat, yang sakit. Terlebih saat ini, ketika covid-19 varian omicron mewabah, berita-berita tentang orang-orang sakit banyak berdatangan.

Lalu apa doa yang baik yang kita sampaikan kepada mereka? Rasulullah SAW memberikan beberapa doa yang bagus untuk disampaikan kepada si sakit. Berikut adalah dua doa yang biasa dilafadzkan Rasulullah SAW.

Doa pertama:

Allaahumma robban-naas, mudz-hibal baas, isyfi, antasy-syaafii, laa syaafiya illaa anta, syifaa-an laa yughoodiru saqoman.

Artinya: Ya Allah, Rabb seluruh manusia, yang menghilangkan kesusahan, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada yang menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain (Riwayat Bukhari).

Tentang doa pertama ini dikisahkan bahwa pada suatu ketika ‘Abdul ‘Aziz dan Tsabit menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas, “Wahai Abu Hamzah (nama kunyah dari Anas), aku sakit.” 

Anas berkata kepada Tsabit, "Maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?” 

Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan doa di atas.

Doa kedua:

Laa ba'sa, thohuurun in syaa-allaah.

Artinya: Tidak apa-apa (jangan terlalu bersedih dengan sakit ini). Insya Allah (penyakit ini akan) menjadi pembersih dosa. (Riwayat Bukhari)

Tentang doa ini, Ibnu Abbas Ra menceritakan bahwa Nabi SAW suatu ketika menjenguk orang badui yang sedang sakit. Lalu, Rasulullah SAW mengucapkan doa di atas. Memang, jelas Ibnu Abbas Ra sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah SAW memiliki kebiasaan membacakan doa ini ketika menjenguk orang sakit.

Hanya saja, sedapat mungkin kita menjenguk orang yang sakit tersebut karena banyak sekali keutamaannya. 

Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang laki-laki berkunjung kepada saudaranya yang muslim, maka seakan-akan dia berjalan di kebun Surga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila berkunjung di pagi hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya, agar mendapat rahmat hingga sore. Apabila berkunjung di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi." (Riwayat at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).

Namun, seringkali kita tak memiliki kesempatan untuk menjenguknya, terutama saat wabah menular seperti sekarang ini. Maka, kuatkan hatinya dengan mengirimkan doa di atas kepadanya lewat media-media komunikasi.

Wallahua'lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat