Kamis, 17 Januari 2019

Empat Ulama Uyghur Bersilaturahim dengan DPP Hidayatullah

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah pada Senin malam (14/1) mengundang empat ulama Uyghur untuk mendengarkan kesaksian mereka tentang kondisi kaum Muslim yang berada di wilayah Turkistan Timur. Dua di antara mereka adalah Dr Ataullah Syahyar dan Dr Abdussaalam Alim.


Silaturahim penuh keakraban ini berlangsung di salah satu rumah makan di kawasan Jakarta Pusat. Hadir dalam acara santai namun serius tersebut Ketua Umum DPP Hidayatullah, Dr Nashirul Haq, anggota Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum Hidayatullah, Ust Hamim Thohari, serta sejumlah ketua bidang dan ketua departem DPP Hidayatullah.

Dalam pertemuan itu, Abdussalam, yang juga anggota Persatuan Ulama Turkistan Timur ini menceritakan bahwa kamp konsentrasi yang dibangun pemerintah Cina untuk penduduk Muslim Uyghur benar-benar nyata. Di dalam kamp tersebut, kaum Meslim Uyghur diperlakukan tidak adil. Mereka berusaha dijauhkan dari agamanya dan dihambat ibadahnya..

Bahkan, perlakuan zalim ini tak sekadar dialami oleh mereka yang “disekap” di kamp konsentrasi tersebut, tetapi juga dialami kebanyakan masyarakat Uighur. Banyak di antara mereka yang ditangkap tanpa sebab yang jelas, dipisahkan dari keluarga mereka, dan dipersulit menjalankan ibadah dan menerapkan syariat Islam.

Akibat perlakuan ini, sebagian dari penduduk Muslim Uyghur terpaksa hijrah ke luar Uyghur, termasuk ke Turki. Dr Ataullah Syahrar termasuk mereka yang hinjrah ke Turki, sedang Abdussalam saat ini menjadi dosen di Adelaide Australia.

Dalam kesempatan itu Nashirul Haq menyampaikan rasa keprihatinan mendalam atas apa yang dialami saudara-saudara Muslim di Uyghur. Nashirul berharap Allah Ta'ala memberikan kesabaran yang tinggi kepada mereka dan berdoa semoga masyarakat Muslim Uyghur segera keluar dari kesulitan ini.

Ikut hadir dalam silaturahim tersebut sejarawan muda dari Pesatuan Islam (Persis) Dr Tiar Anwar Bachtiar, serta sejumlah wartawan dari Jurnalis Islam Bersatu (JITU).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat