Kamis, 12 Oktober 2017

Syukuri Nikmat-Nya

Allah SWT memberikan nikmat-Nya kepada semua mahluk ciptaan-Nya. Namun, di antara manusia, ada yang bersyukur, ada juga yang tidak.

Kepada orang yang tak mau bersyukur, boleh jadi Allah SWT tak lantas menghentikan pemberian nikmat itu, justru menambahnya.

Sayangnya, tak sebagaimana orang yang pandai bersyukur, nikmat yang diberikan kepada orang seperti ini bukan membuat dia bertambah baik, malah bertambah buruk. Ini disebabkan nikmat tersebut menjadikan ia semakin jauh dari Allah SWT

Kepada orang seperti itu, Allah SWT berkata, sebagaimana tertulis dalam al-Qur'an surat Ar Rum [30] ayat 34, "Bersenang-senanglah kalian, maka kelak kalian akan mengetahui (akibat perbuatan kalian)."

Sindiran Allah SWT adalah peringatan buat kita agar senantiasa berhati-hati atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita. Nikmat usia, nikmat kesehatan, nikmat jabatan, nikmat harta, nikmat perniagaan, dan nikmat anak keturunan,

Semakin banyak nikmat Allah SWT yang kita terima, semakin kita berhati-hati. Boleh jadi Allah SWT sedang menguji kita apakah nikmat tersebut membuat kita kian dekat pada-Nya, atau justru kian jauh.

Apalagi, di dalam ayat selanjutnya (Ar Rum [30]: 36), Allah SWT mengungkapkan sikap dasar manusia. Bahwa manusia, setiap kali diberikan rahmat, akan senantiasa bergembira ria. Namun, apabila ditimpa musibah karena kesalahan mereka sendiri, seketika itu juga mereka berputus asa.

Jadi, bersyukurlah tatkala mendapat nikmat, dan bersabarlah ketika mendapat musibah. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat