Jumat, 01 April 2016

Penyesalan Manusia

"Sekiranya (dahulu) kami mendengarkan atau memikirkan (perintah itu), tentulah kami tidak menjadi penghuni neraka yang apinya menyala-nyala."

Ungkapan penyesalan yang amat mendalam ini diceritakan oleh Allah SWT dalam al-Qur'an surat Al-Mulk [67] ayat 10.

Lantas siapakah manusia yang amat menyesal tersebut? Apa pula yang tidak didengar dan dipikirkan oleh mereka sehingga mereka dilemparkan oleh Allah SWT ke dalam api neraka yang menyala-nyala?

Jawabannya bisa kita temukan dalam dua ayat sebelumnya, yakni ayat 8 dan 9. Dalam kedua ayat tersebut dikisahkan bahwa setiap kali ada sekumpulan oraang kafir dilemparkan ke dalam neraka, maka para penjaga neraka akan bertanya, "Apakah belum pernah ada orang yang datang memberi peringatan kepada kalian di dunia?"

Orang-orang kafir tersebut menjawab, "Benar, sungguh, seorang pemberi peringatan telah datang kepada kami, tetapi kami mendustakannya ..."

Jelaslah bahwa orang yang menyesal dalam  ayat ini adalah kaum kafir. Mereka tidak mau mendengarkan dan memikirkan risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW.

Saat ini, Rasulullah SAW telah lama tiada bersama kita. Namun, ajarannya masih ada dan bisa dengan mudah kita dapatkan dan kita telaah.

Sayangnya, sebagian dari kita masih menutup diri dari hal itu. Kita enggan mengkaji ajaran Islam. Akibatnya, meski mulut telah berucap syahadat, namun hati dan tingkah laku kita justru mengingkarinya.

Jangan-jangan, kita pun kelak termasuk orang yang dimaksud dalam ayat tersebut karena sikap kita yang menolak mempelajari Islam, apalagi mengamalkannya. Na'udzubillahi min dzslik.