Rabu, 23 Juli 2014

Khilafah Setidaknya Perlu Lima Syarat

Maraknya pemberitaan soal kekhilafahan yang dideklarasikan oleh ISIS di Irak, serta ramainya ajakan untuk berbai'at di Indoensia, ditanggapi oleh Dr Zain an Najah dengan mengajak kaum Muslim di Indonesia untuk berhati-hati menyikapinya.

Dalam pertemuan dengan para wartawan di kantor Hidayatullah, Jakarta, pada Sabtu, 5 Juli 2014, Zain mengatakan setidaknya (minimal) ada 5 persyaratan yang harus dipenuhi sebuah kekhalifahan.

Pertama, adanya khalifah yang dikenal baik oleh masyarakat Muslim di seluruh dunia. “Seorang khalifah bukan orang yang bersembunyi atau tak pernah muncul di depan publik dan tidak dikenal publik,” jelas Zain.

Kedua, adanya ahlul halli wal aqdi yang mewakili semua kelompok, bukan sekadar dari satu kelompok saja, serta dikenal kealimannya oleh masyarakat Muslim.

Ketiga, adanya wilayah yang aman (teritorial), bukan wilayah yang sedang berperang (konfik). Keempat, adanya rakyat yang mendiami wilayah tersebut dan juga hidup secara aman.

Dan kelima, adanya militer dan persenjataan yang memadai untuk mempertahankan diri bila ada musuh yang menyerang teritorialnya.