Rabu, 04 November 2015

Muliakanlah Orangtuamu maka Surga Menantimu

Sekiranya Allah SWT akan mengabulkan doa Anda, maka permintaan apa yang akan Anda ajukan? Salah satu jawaban Anda mungkin saja panjang umur.

Tentu tak ada yang salah dengan permintaan ini. Namun, pernahkah Anda merenung bagaimana bila Allah SWT benar-benar memanjangkan usia Anda hingga kita tua renta? Siapa yang akan mengurus Anda nanti, sementara Anda sendiri sudah tak mampu lagi mengurus diri sendiri? Apakah anak-anak dan cucu-cucu Anda akan menyayangi Anda?

Jangan khawatir! Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan lewat sabda beliau, "Berbuat baiklah kepada orangtuamu, niscaya anak-anakmu (kelak) akan berbuat baik kepadamu." (Riwayat Al-Thabrani, Al-Hakim, dan Abul Qasim)

Namun, bukan itu saja ganjaran yang akan kita terima bila kita berbuat baik kepada kedua orangtua (birrul walidain). Ada ganjaran lain yang jauh lebih dahsyat, yakni surga.

Rasulullah SAW, sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim, pada suatu hari, pernah berkata kepada para Sahabatnya. "Celaka, celaka, celaka!"

Lalu Abu Hurairah bertanya kepada beliau, "Siapa itu wahai Rasulullah?"

Rasulullah kemudian menjawab, "Siapa yang mendapati kedua orangtuanya berusia tua, salah seorang atau kedua-duanya, lalu ia tidak masuk surga."

Jelaslah bahwa memuliakan kedua orangtua bisa menjadi penyebab masuknya kita ke dalam surga. Ayo, tunggu apa lagi. Mumpung mereka masih ada, segera muliakan mereka, dan surga pun menanti Anda.

Wallahu a'lam

(Dipublikasikan oleh Majalah Suara Hidayatullah edisi Nopember 2015)