Selasa, 01 Maret 2022

Isteri Ustad Tengku Zulkarnain Akhirnya Menyusul Cinta Sejatinya

Hari ini, Senin, 28 Februari 2022,  kita mendengar kabar duka. Ibu Hj Rahmi Wardhani binti Johan Arifin --yang biasa disapa Umi Mimi-- isteri dari Allahuyarham Ust Tengku Zulkarnain, mantan Wakil Sekjen MUI Pusat, telah dipanggil oleh Allah Ta'ala. 

Saya teringat peristiwa lima tahun lalu ketika kami berangkat haji bersama-sama atas undangan Kedutaan Besar Arab Saudi yang difasilitasi oleh Syekh Khalid al-Hamudi, pendiri Yayasan Al Manarah Al Islamiyah.

Sebelum berangkat, kami para calon tamu Allah Ta'ala berkumpul di sebuah aula di lantai 2 Hotel Harris, jl dr Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan. Kami duduk melingkari meja bundar bertaplak putih. Di sebelah saya duduk Ust Tengku Zulkarnain. Ia mengenakan pakaian putih dengan sorban yang juga berwarna putih serta jambul teruntai dari sorbannya. 

Ust Tengku bercerita kepada calon jamaah haji bahwa ia sama sekali tak menyangka bisa berangkat haji pada tahun itu. Terakhir kali ia berhaji, katanya, sekitar lima tahun sebelumnya, atau sekitar tahun 2012. Ketika itu ia diminta membimbing haji. Namun, sang isteri, Umi Mimi, belum berkesempatan menunaikan ibadah haji. 


Ust Tengku lalu bertekad untuk bisa berhaji bersama sang isteri. Tekad itu semakin kuat ketika sang isteri --yang ketika itu telah duduk di kursi roda-- beberapa kali menyatakan keinginannya untuk berhaji bersama-sama. Ust Tengku lalu mulai menabung seraya tak lepas berdoa agar Allah Ta'ala memudahkan ikhtiarnya bisa berhaji bersama sang isteri. 

Doanya ternyata diijabah oleh Allah Ta'ala. Tahun 2017, ia dan isteri diundang oleh Allah Ta'ala berhaji. Bertapa senangnya ia. Ketika mendapat kabar undangan tersebut, Ust Tengku cepat-cepat pulang ke rumah karena segera ingin memberi kabar baik kepada sang isteri yang sangat ia cintai.

Lalu, di hadapan wanita yang tak lagi bisa berjalan dengan sempurna ini, ia berjanji akan sabar menuntunnya untuk bertawaf, bersai, bermalam di Mina, berwukuf di Arafah, melempar jumroh, dan melaksanakan rangkaian ibadah haji lainnya bersama-sama.


"Jika selama ini isteri saya telah setia melayani saya dengan baik, mendampingi saya dalam segala suka dan duka, maka di haji sekarang ini, giliran saya yang akan melayani dia dengan sebaik-baiknya. Itulah bukti cinta saya," ungkap Ust Tengku. Dan, itu benar-benar telah dibuktikannya sepanjang perjalanan haji yang sangat berkesan tersebut.

Ust Tengku Zulkarnain telah dipanggil oleh Allah Ta'ala pada 10 Mei 2021. Hari ini, Senin, 28 Februari 2022, wanita yang telah dituntunnya dengan sabar di sepanjang ibadah haji tahun 2017, juga telah menyusulnya menghadap Sang Pencipta. 

Semoga Allah Ta'ala merahmati keduanya dan mengampuni keduanya. Aamiin. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat