Kamis, 01 Oktober 2020

Masjid Pasti Makmur

Judul Buku: Masjid Pasti Makmur, The Power of TPA.
Penulis: Dr. H. Natsir Muhammad SE, MM.
Penerbit: Umitoha Ukhuwah Grafika.
Cetakan: Pertama, Juli 2020.
Tebal: 192 halaman.

Meskipun masjid begitu mudah ditemukan di Indonesia, namun belum tentu tempat ibadah ini ramai dikunjungi kaum Muslim dan mampu mengubah kehidupan masyarakat setempat menjadi lebih baik. 

Memang, sepinya masjid lebih disebabkan karena kurangnya kesadaran kaum Muslim di sekitarnya untuk memperoleh keutamaan berjamaah di masjid. Namun, bukan berarti para pengurus masjid bisa lepas tangan dari persoalan ini. Masjid harus juga bisa memberikan solusi bagaimana agar mereka ramai dikunjungi jamaah. 

Buku yang diberi pengantar oleh Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Komjen Pol (Purn) Drs H Syafruddin M.Si ini mengupas beberapa solusi bagaimana memakmurkan masjid. Salah satunya, dengan mendirikan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an).

Masjid yang makmur terbukti dapat memberikan kontribusi sangat besar terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya yang berdomisili di sekitar masjid, tulis Natsir Muhammad, sang penulis dalam kata pengantar buku ini.

Bahkan, lewat masjid yang makmur, kebiasaan buruk masyarakat yang telah tertanam lama di sekitar masjid, bisa berubah menjadi baik. Ini dibuktikan oleh berdirinya Masjid Nurul Hasanah di Makassar, Sulawesi Selatan, salah satu contoh masjid yang banyak dikupas dalam buku ini. Lokasi masjid yang dulunya menjadi pusat produksi dan pesta minuman keras, kini telah berubah menjadi Islami. ***


(Diresensi atas permintaan penulisnya dan dimuat di Majalah Suara Hidayatullah edisi Oktober 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat