Senin, 05 Februari 2018

Gaduh

Sekali waktu cobalah simak apa yang seseorang bicarakan kepada orang lain? Jika keduanya saling menasehati, tentu saja itu baik. Islam memang menganjurkan hal itu. Tapi, apakah benar nasehat tersebut mendominasi pembicaraan mereka?
 
Kebanyakan orang yang sedang mengobrol lebih banyak saling memberi informasi ketimbang saling menasehati. Nah, informasi apakah yang mereka bagi?

Jika informasi bermanfaat yang dibagi, tentu saja itu baik. Tapi, apa benar kebanyakan obrolan didominasi oleh informasi-informasi yang bermanfaat?

Rasanya tidak! Kebanyakan obrolan berisi informasi-informasi ringan, menghibur, namun tak banyak manfaatnya. Kebanyakan obrolan bercerita tentang diri sendiri atau diri orang lain.

Nah, saat itulah seseorang kerap terjebak oleh perbuatan riya' (menceritakan kehebatan diri sendiri dengan tujuan ingin dipuji), ghibah (menceritakan keadaan orang lain yang tidak disukai oleh orang tersebut), namimah (mengadu domba), atau fitnah (bercerita bohong tentang orang lain).

Saat itulah obrolan kita tak menjadikan kebaikan kita bertambah, malah keburukan yang berlipat ganda. Bahkan, bukan sekadar keburukan yang bertambah, kebaikan yang kita kumpulkan selama ini pun bisa lenyap seketika.

Hati-hatilah kepada orang yang gemar mengobrol. Orang-orang yang kerap cas cis cus dan suka bikin gaduh. Apalagi orang yang berpenampilan menarik, pandai berbicara, berlisan fasih, padahal hati mereka lemah, rapuh, penakut, dan pengecut.

 Jika Anda tidak berhati-hati maka Anda akan terjebak. Bahkan jebakan yang lebih mencelakakan adalah predikat munafik yang akan disematkan kepada Anda.

Allah SWT menyebut orang-orang munafik seperti ini dalam al-Qur'an surat al-Munafiqun [63] ayat 4 sebagai "kayu yang tersandar." Ibnu Katsir menafsirkan bahwa "Mereka pada malam hari bagaikan kayu yang tersandar, dan di siang hari gaduh." Sedangkan Yazid ibnu Murrah menyatakan, "Mereka di siang hari sangat ribut."


Naudzubillahi min dzalik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat