Minggu, 10 Juli 2016

Bleketek

Anda tahu bleketek? Tadinya saya juga tidak tahu. Namun, di hari ketiga lebaran, tiba-tiba ia muncul. Memang ia selalu muncul pada lebaran ketiga, tidak kedua, apalagi pertama. Penasaran?

Bleketek

Bleketek adalah sejenis makanan yang dikenal oleh sebagian besar orang Sunda. Bila ditilik dari namanya, ia memang khas Sunda. Tapi bila dilihat dari bahan dan cara pengolahannya, ia bukan makanan khas Sunda. Ia bisa berasal dari mana saja.


Adalah kebiasaan masyarakat Sunda pedesaan ---juga sebagian masyarakat lain di Indonesia--- untuk saling berbagi makanan di hari Raya Idul Fitri. Makanan yang lazim dibagi adalah rendang, bihun goreng, sambal kentang, dan lain-lain.

Pada hari kedua lebaran, makanan-makanan tersebut tentu masih tersisa. Maklum, budaya saling berbagi menyebabkan setiap rumah "kebanjiran" berbagai jenis makanan tersebut. Jika makanan itu dihangatkan, pasti masih enak disantap.

Pada hari ketiga, makanan itu masih ada meskipun jumlahnya berkurang. Nah, saat inilah, semua jenis makanan tersebut dicampur aduk jadi satu, lalu dihangatkan kembali. Jadilah ia jenis makanan baru dengan rasa yang juga baru dan bentuk yang juga tak sama dengan bahan aslinya. Maklumlah, sejak hari pertama hingga hari ketiga lebaran, mungkin sudah lima atau tujuh kali makanan tersebut dihangatkan.

Itulah bleketek, jenis makanan yang sudah bertahun-tahun menemani hari-hari lebaran masyarakat perkampungan Sunda, khususnya setelah lebaran ketiga. Makanan ini biasanya disantap bersama uli (ketan yang dikukus dan dipotong-potong persegi empat) dan dinikmati bersama-sama keluarga.

Inilah kearifan lokal masyarakat Sunda yang tak mau membuang percuma makanan karena kebetulan sedang berlimpah. Bukankah Allah SWT membenci perbuatan membuang-buang makanan?

Rasulullah SAW, dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, pernah berkata, "Sesungguhnya Allah membenci kalian karena tiga hal: 'katanya-katanya' (berita dusta), menyia-nyiakan harta, dan banyak meminta."

Para ulama sepakat bahwa menyia-nyiakan harta yang disebut dalam Hadist di atas termasuk juga menyia-nyiakan makanan. Bahkan, Rasulullah SAW dalam sejumlah Hadits meminta kaum Muslim untuk memuliakan makanan, hatta makanan jin sekalipun.

Wallahu 'alam