Senin, 25 Januari 2016

Mari Berlomba Meraih Surga

Betapa sering kita melihat orang-orang yang histeris gembira karena memperoleh kemenangan dalam sebuah perlombaan. Kegembiraan tersebut muncul karena mereka telah mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Segala daya upaya telah mereka kerahkan. Harta dan waktu telah mereka habiskan. Raga pun telah kepayahan demi kemenangan yang mereka impikan.

Namun, sebahagia apa pun itu, ia tetaplah semu. Kegembiraan yang dirasakan hanya sementara saja. Kemenangan yang diraih bukan kemenangan hakiki. Ia hanya kemenangan duniawi semata, meski banyak manusia telah mati-matian menggapainya.

Padahal, Allah SWT telah menyediakan perlombaan akbar untuk seluruh umat manusia. Perlombaan ini perlu kesabaran yang luar biasa, keistiqomahan yang teruji, bahkan bisa jadi penuh luka dan air mata.

Namun, semua pengorbanan itu tak akan sebading dengan ganjaran yang akan kita dapatkan bila kita berhasil meraihnya. Itulah perlombaan untuk meraih surga.

Allah SWT menerangka hal ini dalam al-Qur`an surat al-Hadid [57] ayat 21. Kata Allah SWT, “Berlomba-lombalah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi …”

Jika terhadap perlombaan dunia saja kita rela bersungguh-sungguh, maka sudah sepantasnya terhadap perlombaan akhirat kita jauh lebih bersungguh-sungguh.

Mari berlomba meraih surga. ***

(Dipublikasikan oleh Majalah Suara Hidayatullah edisi Januari 2016)