Minggu, 18 Juli 2021

Keutamaan Hari Arafah

Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah mempunyai keutamaan luar biasa berdasarkan dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan As-Sunnah. Di antara hari-hari pada sepuluh hari pertama tersebut terdapat satu hari yang istimewa, yang dikenal dengan hari Arafah, yaitu hari ketika jamaah haji wukuf di Padang Arafah.


Hari Arafah berlangsung pada 9 Dzulhijjah. Pada tahun 2021 ini, hari Arafah berlangsung pada Senin, 19 Juli 2021. Pada hari itu jamaah haji berbodong-bondong menuju padang Arafah setelah sehari sebelumnya melewati hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah). 

Di Padang Arafah ini mereka mendengarkan khutbah Arafah, lalu menghabiskan waktu dengan memanjatkan doa kepada Allah Ta'ala. Sebab, kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, “Doa terbaik adalah doa pada hari Arafah.” (Riwayat At-Tirmidzi dengan sanad hasan). Adapun waktu paling istimewa dalam memanjatkan doa di hari Arafah ini adalah semenjak Dhuhur sampai masuk Maghrib. 

Waktu terbaik dalam berdoa ini bukan sekadar untuk mereka yang sedang berada di Padang Arafah, namun juga bagi kaum Muslim yang tidak sedang behaji. Al-Hafidh Ibnu Rajab Rahimahullah dalam kitabnya Latha’iful Ma’arif mengatakan, "Hari Arafah adalah hari pengampunan dosa dan pembebasan dari api neraka serta doa mustajab bagi jamaah haji yang sedang wukuf di Arafah dan bagi semua umat Islam di semua negeri."

Selain itu, bagi kaum Muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji disunnahkan untuk berpuasa pada hari Arafah. Keutamaannya sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, "Berpuasa pada hari Arafah (bisa) melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya." (Riwayat Muslim).

Mari kita perbanyak dzikir, doa dan istighfar di hari Arafah. Kita doakan keluarga yang sedang sakit atau berjuang mempertahankan hidup dari himpitan ekonomi agar segera Allah Ta'ala sembuhkan dan Allah Ta'ala lapangkan. 

Kita doakan juga sahabat-sahabat kita yang kini sedang berjuang mengatasi covid agar Allah Ta'ala limpahkan kesabaran dan Allah Ta'ala angkat penyakitnya. Dan, jangan lupa doakan negeri kita dan negeri-neri kaum Muslimin agar segera Allah angkat wabah ini. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat