Kamis, 18 Agustus 2016

[Kutipan] Juli 2016

Kumpulan kutipan yang dipublikasikan sepanjang Juli 2016

o0o


Jika guru tak berani memberikan sanksi kepada murid-muridnya, maka kelak sang murid pun tak akan mengetahui apa itu konsekuensi.

Orang-orang miskin itu, meski tak terangkat tangannya mendoakan kita, tapi kegembiraannya bisa menjadi asbab datangnya rezeki untuk kita. Ayo berinfaq!

Nasehat Imam Syafi'i, "ilmu itu seperti air. Jika tak bergerak, akan mati, lalu membusuk." So, jangan biarkan ilmu itu diam dalam dirimu. Sebarkanlah!

"Dan barang apa saja yang kamu infaq-kan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah sebaik-baik Pemberi Rezeki" (Saba: 39). Ayo awali pagi ini dengan berinfaq

Berdalih berbagi kebahagiaan, banyak yang men-share "kebahagiaan" dirinya di jejaring sosial. Padahal, bisa jadi justru itu membuat iri dan fitnah.

Kudeta yang gagal di Turki membuahkan hikmah luar biasa buat kaum Muslim di seluruh dunia, terkhusus di Indonesia

Takwa itu adalah: maju karena perintah Allah dan mundur karena larangan Allah (Khatib masjid Jami' Nurul Falah, Jaksel)

Siapa yang menghitung-hitung perkataannya dibanding amalnya, tentu akan sedikit bicara kecuali dalam hal yang bermanfaat saja (Umar bin Abdul Aziz)

Orang pintar: banyak berbuat baik, namun tetap takut pada Allah. Orang bodoh: sedikit berbuat baik, merasa aman dari azab Allah (Ibn Jawzi)

(1) Di Indonesia, ujian di penghujung Ramadhan bertambah satu: ujian menghadapi kemacetan
(2) Dan kebahagiaan di penghujung Ramadhan juga bertambah satu: kebahagiaan bertemu keluarga tercinta

Andai dulu banyak orang pindah dari kota ke desa, tentu yg banyak disebut sekarang bukan mudik (menuju udik), tapi mkota (susah menyebutnya)

Mengapa menjelang lebaran istilah mudik (menuju udik) ramai sekali dibicarakan? Karena dulu jarang sekali orang kota mau pindah ke desa

Bahkan dalam keadaan perang pun kita perlu bertabayyun (merujuk QS Annisa ayat 94).