Jumat, 04 Oktober 2013

Muliakan Dirimu dengan Menepati Janji

…Dan orang-orang yang memenuhi janji apabila berjanji… mereka itulah orang-orang yang benar imannya. (Al-Baqarah [2]: 177)

Tak lama lagi pesta demokrasi akan digelar. Janji-janji akan banyak ditebar. Seberapa banyak janji-janji itu akan diingkari? Entahlah!

Bila berkaca dari hasil pemilukada yang telah berlangsung sejak beberapa tahun belakangan ini, rasanya patut kita merasa miris. Betapa tidak, lebih dari separuh pemimpin yang terpilih dari pilkada tersebut, berdasarkan data yang bayak dirilis media massa, telah terjerat kasus korupsi.

Mengapa mereka tega mengingkari janjinya? Mengapa pula mereka berani mengobral janji tanpa sadar konsekuensi yang akan mereka terima?  Bagaimana pula keadaan masyarakat bila kebanyakan pemimpinnya sendiri tidak amanah?

Kata Allah SWT dalam ayat di atas, janji adalah perkara iman. Orang-orang yang memenuhi janji adalah mereka yang benar imannya. Sungguh sedih melihat fakta bahwa iman telah tercampak di hati sebagian pemimpim kita dan sebagian masyarakat kita.

Ayo kita kembalikan kemuliaan bangsa ini dengan senantiasa menepati janji.

(Dipublikasikan oleh Majalah Suara Hidayatullah edisi Oktober 2013)