Senin, 29 Oktober 2012

Beluga, Ikan Paus yang Bersuara Seperti Manusia

Bila burung beo berbicara seperti manusia, itu sudah biasa. Tapi bagaimana bila seekor ikan paus mengeluarkan suara seperti manusia? Subhanallah, tak ada yang tak mungkin jika Allah berkehendak.

Peristiwa ini terjadi di California, Amerika Serikat. Seekor ikan paus jenis Baluga belum lama ini mengeluarkan suara mirip manusia. Ikan paus tersebut berusia sembilan tahun dan diberi nama NOC. Ia terdeteksi mengeluarkan suara berjenis oktaf dengan frekuensi di bawah normal. Mirip suara manusia.

Awalnya, sebagaimana dilaporkan BBC News, ketika mendengar suara misterius tersebut, para peneliti  bertanya-tanya, dari mana suara itu berasal? Mereka sama sekali tak menduga kalau itu suara ikan paus. Sebab, sebelumnya, suara seperti itu tidak pernah terekam oleh alat mereka.

Bahkan seorang penyelam dari National Marine Mammal Foundation yang menyelam di laut sekitar tempat itu menceritakan keterkejutan serupa. Ia naik ke permukaan laut setelah mendengar suara mirip manusia tersebut. "Siapa yang menyuruh saya keluar dari laut ini?" ungkapnya keheranan.

Beberapa lama kemudian barulah para peneliti berhasil mengindentifikasi sumber suara tersebut berasal dari NOC. Mereka terkejut karena tak pernah mendengar suara ini sebelumnya. Mereka kemudian merekam suara itu lagi.

Baluga juga disebut "burung kanari" dari laut. Fenomena ikan paus yang bersuara mirip manusia baru pertama ini ditemukan. Sebelumnya, binatang laut yang sengaja dilatih bersuara mirip manusia adalah dolphin. Namun, dolphin tak pernah bisa melakukannya secara alami.