Senin, 15 November 2021

Wahn dan Cacat Iman

Penyakit wahn menjadi penyebab umat Islam kelak menjadi lemah. Ketika itu, kata Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ahmad, keadaan umat Islam seperti buih yang terbawa air. Banyak tapi tak berdaya!


Apakah penyakit wahn itu? Rasulullah SAW menjelaskan dalam sambungan hadits tersebut bahwa wahn adalah cinta dunia dan takut mati. Orang yang amat mencintai dunia tak akan mau berjuang untuk Islam. Waktu mereka habis untuk mengejar dunia seakan-akan mereka hidup selamanya. 

Mereka juga akan mati-matian mempertahankan apa yang mereka dapat tanpa mau berkorban untuk sesama. Mereka tak peduli lagi dengan seruan Allah Ta'ala dan Rasul-Nya. Jika kepada Tuhannya mereka sudah tak peduli, apalah lagi dengan sesama manusia.

Ketika diingatkan tentang kematian, mereka akan menutup kedua telinganya. Mereka tak suka mendengarkan hal itu karena takut. Mereka tahu kematian akan mencabut seluruh kenikmatan yang mereka peroleh dan menutup peluang mengejar kenikmatan yang lain. 

Mereka juga tahu bahwa kematian tak akan bisa mereka elakkan meski hanya beberapa detik saja. Mereka tak bisa bersembunyi di tengah tumpukan harta dan angan-angan. Karena itulah mereka takut.

Mereka tak suka mempelajari al-Qur'an, Hadits, dan nasehat-nasehat ulama. Semua itu, bagi mereka, akan menambah ketakutan kepada kematian. 

Mereka tak lagi bersemangat menuntut ilmu yang berorientasi akhirat. Ilmu hanya sebatas dunia, karena tujuan akhir adalah dunia. Kurangnya ilmu menyebabkan mereka berpeluang untuk salah bersikap, mudah difitnah, dan gampang diadudomba. Ini juga menyebabkan mereka kian menjadi buih.

Banyak juga di antara mereka yang tak mampu bersabar. Sebab, manusia yang berorientasi kepada dunia akan selalu tergesa-gesa. Mereka ingin cepat mendapat hasil sebelum kematian datang menjemput. Bagi mereka, kesenangan di dunia adalah tujuan dan kesengsaraan di dunia adalah nestapa. 

Mereka tak mau membela ketika Islam dinistakan. Mereka berpaling muka ketika Islam memanggil. Kalau pun mereka datang, kehadiran mereka tidak dilandasi karena iman. Mereka tetap rapuh.

Saat itulah iman mereka menjadi cacat. Mereka menjadi lemah. Keadaan mereka, sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah SAW, bagai buih di atas air yang mengalir. Banyak tapi tak kuat. Sementara musuh-musuh Islam tak akan tinggal diam. Mereka akan terus berupaya menjauhkan kaum Muslim dari agamanya. 

Semoga kita tidak menjadi bagian dari mereka. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat