Senin, 20 Maret 2017

Pemuda

Ada satu pertanyaan yang akan ditujukan kepada manusia di hari Kiamat kelak. Pertanyaan tersebut, kata Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Tirmidzi, "Masa mudamu, untuk apa engkau gunakan?"

Pertanyaan ini jelas mengisyaratkan kepada kita bahwa masa muda tak boleh main-main. Jika kita menghabiskan masa muda dengan kesia-siaan, lalu apa jawaban kita ketika pertanyaan itu diajukan pada Hari Kiamat kelak? 

Allah SWT rupanya hendak memberi kado istimewa kepada manusia lewat masa ini. Di masa ini, Allah SWT mengaruniai kita raga yang kuat, pikiran yang cemerlang, dan jiwa yang bergejolak. Kita seolah mampu meraih apa saja yang kita inginkan pada masa ini. 

Tak sekadar itu. Allah SWT juga memberi hadiah istimewa bagi manusia yang tak menyia-nyiakan masa ini. Kata Rasulullah SAW dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, ada tujuh golongan orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat kelak. Satu di antaranya adalah pemuda yang banyak menghabiskan masa mudanya dengan beribadah kepada Allah SWT.

Lantas, bersediakah kita memanfaaatkan kado istimewa dari Allah SWT ini, atau kita biarkan kesempatan itu berlalu sia-sia? ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat