Laman

Senin, 17 April 2023

Antara Humas dan Jurnalis

Biasanya, kelanjutan dari profesi jurnalis adalah humas atau PR (Public Relation).  Banyak jurnalis senior yang diminta oleh perusahaan bisnis atau lembaga sosial dan pemerintah untuk mengepalai bagian humas di tempat mereka. Banyak pula para jurnalis lapangan yang diminta memperkuat tim humas di lembaga tersebut.

Humas memiliki fungsi yang bisa diemban oleh jurnalis.

Ini berarti profesi jurnalis dan humas sangat erat hubungannya. Kemampuan jurnalistik seseorang seringkali menjadi syarat mutlak agar ia bisa diterima menjadi staf atau pimpinan humas suatu lembaga. Mengapa?

Fungsi humas setidaknya ada dua. Pertama, fungsi promosi, yakni mengabarkan kepada publik tentang hal-hal baik suatu lembaga. Kedua, fungsi antisipasi, yakni meluruskan informasi yang menyesatkan tentang suatu lembaga atau meredam dampak negatif akibat beredarnya informasi yang keliru tentang lembaga tersebut.

Kedua fungsi ini jelas berhubungan dengan publikasi. Dan, profesi yang paling banyak bersentuhan dengan publikasi tentu adalah pewarta.

Di era hujan informasi seperti sekarang ini, tim humas tak bisa lagi bekerja sendiri. Sebab, ia akan kalah dengan arus informasi yang amat kencang di luar sana. Tim humas harus sanggup membuat arus informasi baru agar kedua fungsi tadi bisa berhasil dengan baik.

Arus informasi ini hanya bisa dibentuk oleh media. Dan, media yang layak bersaing harus diperkuat oleh pasukan yang jumlahnya memadai dengan peralatan yang juga memadai. Hampir semua lembaga saat ini telah memiliki media sendiri untuk menjalankan kedua fungsi humas tersebut.


Lalu bagaimana bila sumberdana dan sumberdaya sebuah lembaga sangat terbatas? Untuk lembaga dakwah atau organisasi sosial, cara paling ampuh mengatasi keterbatasan ini adalah dengan membangun jaringan relawan. 

Lewat penyadaran bahwa tugas MENJELAJAH, MEMPERHATIKAN, dan MENGABARKAN sebagaimana diungkapkan dalam tulisan sebelumnya adalah tugas mulia yang harus dilakoni oleh siapa saja maka insya Allah jaringan ini akan bisa dibentuk. Insya Allah! ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat