Laman

Rabu, 05 Oktober 2022

Menulis dan Memahami Feature

Feature adalah salah satu jenis karya jurnalistik yang khas. Seperti apa dan bagaimana cara menguasai penulisan feature?

Berikut mind map yang menjelaskan seputar informasi tentang feature.



Catatan: Silahkan di-klik dan di-zoom bagan di atas jika ingin memperbesar gambar.


Berikut adalah contoh artikel spot news (atau news) dan feature sebagai perbandingan:


(Artikel news)
Truk Tabrak Sedan, Satu Tewas

JAKARTA --- Sebuah kecelakaan terjadi di tol Jagorawi, Jakarta, Rabu dini hari (1/1). Truk bermuatan kayu dengan nomor polisi B 3546 EZ menabrak sedan putih dengan nomor polisi B 2345 CD. Pengemudi sedan bernama Elok Dyah tewas, sedang tiga orang rekannya yang berada di mobil yang sama mengalami luka-luka parah. Adapun supir truk dan kondekturnya, mengalami cedera ringan.

Peristiwa ini bermula ketika truk yang dikemudikan Bambang Santosa, pria asal Tegal Jawa Tengah, melaju kecang dari arah Jakarta menuju Bogor. Menurut penuturan Bambang kepada wartawan di kantor polisi sektor Cimanggis, Depok, Jawa Barat, tiba-tiba, di depan truk tersebut menyalip sebuah sedan yang berjalan zig zag.

"Kayaknya pengemudi sedan itu ngantuk atau mungkin pula sedang mabuk," cerita Bambang.


(Artikel feature)
Tak Ada Lagi Esok Untuk Elok

Semestinya, Elok Dyah, mahasiswi semester akhir di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta ini, bisa menjalani hari-harinya lebih baik. Ia telah berjanji pada dirinya sendiri untuk menghakhiri gaya hidup hura-hura dan mulai menata kembali masa depannya.

"Janji, malam ini yang terakhir. Setelah itu gue akan menjadi orang baik," tulis Elok dalam akun twitternya @elokdyah 31 Desember siang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat