Laman

Jumat, 24 Desember 2021

Ilmu atau Iman, Mana yang Lebih Dulu?

Jika pertanyaan pada judul di atas diajukan kepada kita, maka kemungkinan kita akan menjawab ilmulah yang lebih dulu. Sebab, logikanya, mana mungkin keyakinan akan tumbuh manakala kita belum mengenal betul apa yang hendak kita yakini.


Sebagai contoh, ketika kita katakan kepada seorang awam bahwa bumi ini bulat, apakah ia akan langsung mempercayainya? Atau sebaliknya, jika kita katakan kepadanya bahwa bumi ini datar, apakah ia akan percaya?

Tentu dia butuh penjelasan mengapa kita berpendapat seperti itu. Kita perlu kemukakan argumentasi kita dengan rujukan-rujukan yang jelas dan logis. Bahkan tak jarang dia sendiri mencari rujukan pembanding agar lebih meyakinkan dirinya. 

Intinya, butuh ilmu untuk meyakinkan orang lain. Nah, berarti, ilmu harus lebih dulu, baru iman akan tumbuh. Namun, apakah memang seperti itu?

Ternyata tidak! Iman bisa tumbuh meskipun ilmu masih sedikit, bahkan mungkin belum ada. Masih ingatkah kita akan kisah masuk Islamnya Sahabat Umar bin Khaththab? Sejarah mencatat bahwa Umar Ra memeluk Islam justru ketika hatinya tengah dilanda kebencian yang luar biasa kepada orang yang akan ia yakini.
 
Ketika itu, menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Ishaq, Umar Ra tengah berada dalam perjalan untuk menjumpai Rasulullah SAW dengan maksud mencaci makinya. Namun, di tengah perjalanan, ia dihadang oleh sesorang yang mengabarkan kalau saudara perempuan Umar dan suaminya telah memeluk Islam.

Umar Ra bertambah besar kemarahannya. Ia bergegas menuju rumah adik perempuannya. Di rumah itu, selain ada saudara perempuan Umar dan suaminya, ada pula Khabab. Ketika memasuki rumah saudara perempuannya, tanpa berkata apa pun Umar langsung melayangkan tinjunya kepada Khabab sampai darahnya mengalir.

Qadarallah, ketika masih berada di rumah itu, mata Umar mendapati beberapa pelepah kurma bertuliskan beberapa ayat surat Thaha [20]. Setelah membacanya, hati Umar seketika tergugah dan langsung masuk Islam. Begitu cepatnya hidayah itu turun.

Dari kisah ini kita bisa mengambil hikmah bahwa iman tak harus diawali oleh proses mencari ilmu yang panjang dan mendalam. Jika Allah Ta'ala sudah berkehendak maka seketika seseorang bisa  beriman. 

Karena itu mintalah kepada Allah Ta'ala agar orang-orang yang kita sayangi segera diberi hidayah tanpa harus melewati proses yang panjang. Kita doakan mereka sekalipun logika kita menyatakan sangat kecil kemungkinan mereka akan beriman

Umar Ra pun dinilai oleh sejumlah orang ketika itu mustahil akan memeluk Islam. Ummu Abdullah, sebagaimana dikisahkan dalam Fadhail ash-Shahabah, suatu hari bercerita kepada suaminya tentang Umar yang berusaha melarangnya hijrah ke Habasyah. Lalu sang suami berkata, "Ia (Umar) tidak akan pernah masuk Islam sebelum keledai al-Khaththab masuk Islam terlebih dahulu."  

Lalu mengapa Umar Ra seketika bisa berubah pikiran dan memeluk Islam. Tak ada jawaban yang lebih masuk akal selain karena doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW untuk Umar Ra. "Ya Allah," pinta Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hajar, "Muliakanlah Islam ini dengan orang yang paling Engkau cintai dari kedua orang ini: Abu Jahal atau Umar bin Khaththab."  

Ternyata Allah Ta'ala memilih Umar bin Khaththab. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar yang bermanfaat